Sindrom Aspirasi Mekonium - FR 123 NT
Headlines News :
Home » » Sindrom Aspirasi Mekonium

Sindrom Aspirasi Mekonium

Written By Unknown on Selasa, 14 Agustus 2012 | 00.57

Etiolog
Cairan amnion yang mengandung mekoneum terinhalasi oleh bayi. Mekonium dapat keluar (intrauterin) bila terjadi stres/kegawatan intrauterin.

Patofisiologi
Asfiksia dan berbagai bentuk stres intrauterin dapat meningkatkan peristaltik usus janin disertai relaksasi sfinkter ani eksterna sehingga terjadi pengeluaran mekoneum ke cairan amnion. Saat bayi dengan asfiksia menarik napas (gasping) baik in utero atau selama persalinan, terjadi aspirasi cairan amnion yang bercampur mekoneum ke dalam saluran napas. Mekoneum yang tebal menyebabkan obstruksi jalan napas, sehingga terjadi gawat napas.

Faktor Risiko
Kehamilan postterm, pre-eklampsia, eklampsia, hipertensi pada ibu, DM pada ibu, bayi kecil masa kehamilan, ibu yang perokok berat/penderita penyakit paru kronik/penyakit kardiovaskular

Manifestasi Klinis
Umumnya bayi postterm, kecil masa kehamilan dengan kuku panjang dan kulit terwarnai oleh mekoneum menjadi kuning/kehijauan. Cairan amnion berwama kehijauan, dapat jernih maupun kental.

Tanda sindrom gangguan pernapasan mulai tampak dalam 24 jam pertama setelah lahir. Kadang-kadang terdengar ronki pada kedua paru. Mungkin terlihat emfisema atau atelektasis.

Pemeriksaan Penunjang
Foto dada menunjukkan hiperinflasi paru dan pendataran diafragma akibat obstruksi. Terdapat gambaran infiltrat kasar dan iregular pada paru.

Penatalaksanaan
1.      Perawatan umum:
  1. Atur secara adekuat suhu dan kelembaban lingkungan.
  2. Bersihkan jalan napas. Bila perlu, lakukan intubasi.
2.      Berikan oksigen sampai sianosis menghilang dan atur keseimbangan asam basa.
3.      Berikan antibiotik, yaitu kombinasi penisilin/ampisilin dan gentamisin.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : nofull
Powered by fren
Copyright © 2012. FR 123 NT - All Rights Reserved
Template Design by Callysta Zahrani Published by FR 123 NT