Endoftalmitis - FR 123 NT
Headlines News :
Home » » Endoftalmitis

Endoftalmitis

Written By Unknown on Selasa, 07 Agustus 2012 | 01.37

Endoftalmitis adalah peradangan supuratif dalam bola mata.

Etiologi
Infeksi kuman atau jamur setelah trauma atau bedah, atau secara endogen akibat sepsis. Bakteri yang sering menjadi penyebab adalah Stafilokok, Streptokok, Pneumokok, Pseudomonas, sedangkan jamur yang sering menjadi penyebab Aktinomises, Aspergilus, dan sebagainya.

Manifestasi Klinis
Rasa sakit berat; kelopak merah, bengkak, dan sukar dibuka; terdapat pus; konjungtiva kemosis dan merah; kornea keruh; bilik mata depan keruh; kadang disertai hipopion. Tidak ada refleks merah pada pupil.

Komplikasi 
Panoftalmitis, kebutaan.

Pemeriksaan Penunjang
Pemeriksaan mikroskopik cairan aspirasi 0,5-1 ml cairan vitreus melalui sklerotomi pars plana.

Penatalaksanaan
Antibiotik topikal melaiui periokular atau subkonjungtiva dan sistemik ampisilin 2 gram/hari dan kloramfenikol 3 gram/hari. Setelah diketahui penyebabnya, antibiotik disesuaikan dengan penyebab, misalnya gentamisin untuk Pseudomonas atau amfoterisin B untuk jamur. Sikloplegik tetes mata diberikan 3 kali sehari. Hati-hati pada pemberian kortikosteroid. Pada kasus yang berat dapat dilakukan vitrektomi untuk mengeluarkan organisme di dalam vitreus, meningkatkan distribusi antibiotik dan mengeluarkan membran terbentuk yang potensial menyebabkan ablasi, serta mengembalikan kejernihan vitreus. Bila terapi gagal, dilakukan eviserasi. Enukleasi ditakukan bila mata telah tenang atau ftisis bulbi.

Prognosis
Prognosis buruk bila disebabkan jamur atau parasit, atau bila telah terlihat hipopion yang berarti keadaan sudah lanjut.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : nofull
Powered by fren
Copyright © 2012. FR 123 NT - All Rights Reserved
Template Design by Callysta Zahrani Published by FR 123 NT