Konjungtivitis Sika - FR 123 NT
Headlines News :
Home » » Konjungtivitis Sika

Konjungtivitis Sika

Written By Unknown on Senin, 30 Juli 2012 | 00.36

Konjungtivitis sika atau konjungtivitis dry eyes adalah suatu keadaan keringnya permukaan konjungtiva akibat berkurangnya sekresi kelenjar lakrimal.
http://i.brta.in/images/2012-02/big/bd5906640e9153c69528ae36be7765da.jpg
Etiologi
Terjadi pada penyakit-penyakit yang menyebabkan defisiensi komponen lemak air mata, kelenjar air mata, musin, akibat penguapan berlebihan, atau karena parut kornea atau hilangnya mikrovili kornea. Bila terjadi bersama artritis reumatoid dan penyakit autoimun lain, disebut sebagai sindrom Sjogren.

Manifestasi Klinis
Gatal, mata seperti berpasir, silau, dan penglihatan kadang-kadang kabur. Terdapat gejala sekresi mukus yang berlebihan, sukar menggerakkan kelopak mata, mata tampak kering, dan terdapat erosi kornea. Pada pemeriksaan terdapat edema konjungtiva bulbi, hiperemis, menebal, dan kusam. Kadang terdapat benang mukus kekuning-kuningan pada forniks konjungtiva bawah. Keluhan berkurang bila mata dipejamkan.

Pemeriksaan Penunjang
Dilakukan uji Schirmer dan dinyatakan abnormal bila kurang dari 5 mm dalam 5 menit, ragu­-ragu bila berada di antara 10-15 mm. Bila sebelumnya diberikan anestetik topikal akan berkurang sedikit hasilnya.

Komplikasi
Ulkus kornea, infeksi sekunder oleh bakteri, parut kornea, dan neovaskularisasi kornea.

Penatalaksanaan
Diberikan air mata buatan seumur hidup dan diobati penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya diberikan air mata buatan tanpa zat pengawet karena bersifat toksik bagi kornea dan dapat menyebabkan reaksi idiosinkrasi. Dapat dilakukan terapi bedah untuk mengurangi drainase air mata melalui oklusi pungtum dengan plug silikon atau plug kolagen.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : nofull
Powered by fren
Copyright © 2012. FR 123 NT - All Rights Reserved
Template Design by Callysta Zahrani Published by FR 123 NT